HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

CARA MUDAH MENGUPAS TELUR

Mengupas telur kesannya pekerjaan sederhana. Namun kalau tidak tahu caranya, bisa menjadi pekerjaan yang sangat menjengkelkan. Apalagi kalau mengupas telur dalam jumlah banyak.

Selain memakan banyak waktu, hasilnya juga kurang memuaskan: putih telur menempel di cangkang sehingga telur rebus tampil kurang bagus, permukannya tidak mulus.

Berikut ada beberapa trik sederhana yang bisa dicoba. Ditanggung mengupas telur menjadi lebih cepat dan menyenangkan, karena gampang dan hasilnya memuaskan.

Mengupas telur menjadi menyenangkan kalau tau triknya. (Foto: Pexels/Klaus Nielsen

1.  Direndam air dingin

Begitu telur matang, jangan langsung dikupas, tapi rendam dulu dengan air dingin. Rendam hingga telur benar-benar dingin, tidak lagi terasa hangat cangkangnya saat dipegang.

Dalam kondisi ini mengupas telur menjadi mudah dan putih telur tidak lagi menempel di cangkangnya.

 

2. Tekan dengan telapak tangan

Ketika telur matang sudah siap dikupas, letakkan di meja lalu tekan  sedikit dengan telapak tangan sambil didorong. Kulit atau cangkang telur akan retak dan siap dikupas dengan cepat.

 

3. Gunakan gelas

Masukkan telur matang ke dalam gelas, tutup gelas dengan telapak tangan lalu guncang-guncang beberapa kali, cangkang telur akan retak dan lebih mudah dilepas.

 

4.  Manfaatkan sendok

Caranya dengan memukulkan sendok ke bagian atas telur, setelah retak lalu kupas sedikit dengan menggunakan tangan.

Selanjutnya, selipkan sendok ke dalam sela-sela cangkang lalu tarik keluar sehingga cangkang terlepas. Kalau masih ada cangkang yang belum terkelupas, ulangi caranya dengan memasukkan sendok ke sisi lainnya.

 

5. Masukkan ke wadah

Kalau jumlah telur yang akan dikupas jumlahnya banyak, gunakan wadah seperti kotak plastik tebal yang ada tutupnya.

Lalu masukkan beberapa telur sekaligus, guncang-guncang beberapa kali, tapi jangan terlalu keras, hanya sampai cangkangknya retak.

Begitu dibuka maka telur-telur itu akan sangat mudah dikupas, bahkan sebagian besar mungkin sudah terkupas. Telur siap diolah sesuai selera. *** LS

Foto: Pexels/Klaus Nielsen

 

#caramudahmengupastelur

#trikmengupastelur

#caragampangmengupastelur

#carapraktismengupastelur

#mengupastelur

#telurrebus

#telur

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *