HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

PETAI TERNYATA BIKIN AWET MUDA

 

Di balik aromanya yang khas dan  ‘kurang ramah lingkungan’ petai atau pete ternyata memiliki khasiat yang dahsyat. Selain untuk kesehatan, juga bisa bikin penikmatnya awet muda.

Banyak wanita yang menghindari makan petai, karena takut dengan aromanya. Namun, tidak sedikit juga wanita yang menjadikan petai sebagai makanan favorit, boleh jadi karena mereka sudah paham khasiatnya.

Favorit orang Asia

Petai yang nama ilmiahnya Parkia speciosa,  tidak terlalu jelas asal usulnya dari mana. Namun secara umum, masyarakat Asia—terutama Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand, Piliphina —cukup akrab dengan petai. Oleh sebab itu masyarakat Asia, terutama orang Indonesia, yang tinggal di negara-negara  di Eropa dan Amerika, kalau kangen makan  petai berburunya di toko Asia.

Petai memang bikin nikmat masakan dan mendongkrak selera makan. (Foto: MWDC)
Petai memang sangat menimbulkan selera makan saat dibuat campuran gulai, sambal petai, petai bakar atau sekadar menjadi lalapan mentah.  Namun ternyata petai sejak dahulu kala diakui memiliki khasiat untuk kesehatan. Di beberapa daerah di Indonesia petai digunakan sebagai obat herbal tradional, karena diyakini bisa mengatasi berbagai penyakit.

Penyakit yang diyakini bisa disembuhkan dengan petai antara lain: tekanan darah tinggi, sembelit dan penyakit kulit hingga penyakit jantung.

Ka ndungannya memang hebat

Kalau para leluhur kita meyakini bahwa petai bisa menjadi obat beberapa penyakit, tanpa mereka tahu apa yang ada dalam kandungan petai.

Akhir-akhir ini para ilmuwan mulai meneliti kita-kira apa yang ada dalam kandungan petai, sehingga diyakini bisa menjadi obat. Rupanya dalam biji-biji petai mengandung beberapa nutrisi, antara lain: serat, karbohidrat, protein, mineral, vitamin C, B1, dan vitamin E.

Dengan banyaknya nutrisi yang terkandung di dalam petai, tidak heran bila petai dianggap sebagai salah satu obat herbal yang ampuh. Sekaligus juga digemari oleh masyarakat kita sebagai penyedap gulai dan sambal.

Bikin awet muda

Berita baik bagi para wanita pecinta petai, ternyata butir-butir petai yang lezat itu memiliki kandungan kadar antioksidan tinggi. Artinya, petai ini bisa menangkal akibat dari radikal bebas pada sel-sel tubuh.

Salah satu keuntungan dari penangkalan radikal bebas pada sel-sel tubuh adalah, kita terhindar dari penuaan dini. Dengan kata lain, dengan banyak mengonsumsi petai, keuntungan yang didapat adalah awet muda.

Ditambah lagi, karena petai juga  mengandung Vit E, yang sangat bermanfaat untuk kulit, maka penggemar petai akan mendapat bonus yakni kulit sehat dan halus.

Awet muda, kulit sehat serta terhindar dari penyakit jantung, saluran perncernaan juga menstabilkan gula darah, adalah beberapa keuntungan makan petai. Jadi, sudah terjawab sudah mengapa sejak dahulu masyarakat Asia sangat menyukai petai. *** L-L


Foto ilustasi utama: Istimewa

#khasiatpetai

#petaiuntukkesehatan

#petaiuntukkecantikan

#beragamkhasiatpetai

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *