HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

5 CARA GAMPANG HILANGKAN BOSAN

Suatu hari  Anda merasa malas sekali untuk bangun dari tempat tidur. Padahal banyak hal yang harus diselesaikan hari itu.

Rasanya malas ngapa-ngapain. Kehilangan gairah untuk melakukan kegiatan. 

Perasaan tidak nyaman itu membuat Anda merasa sedih. Dan bertanya-tanya, kenapa kok saya begini?

Anda sedang dilanda rasa bosan. Tak perlu terlalu gusar. Karena ada beberapa cara gampang mengusir bosan yang bisa dicoba.

Mengapa bosan?

Perasaan bosan adalah hal yang wajar. Dan bisa dialami oleh semua orang. Menurut ilmu psikologi, rasa bosan adalah keadaan yang tidak menyenangkan tapi kita seperti tidak berdaya untuk menghilangkannya. Biasanya muncul karena apa yang kita jalani atau kerjakan monoton dan tidak membuat kita merasa puas atau bahkan mengalami kegagalan.

Baca juga: Terapi Diary Mencegah Depresi

Ketika bosan melanda, sebaiknya jangan diabaikan. Karena itu adalah bentuk sinyal dari psikis kita bahwa ada yang harus segera diubah.

Misalnya Anda sebagai ibu rumah tangga, yang biasanya santai saja mengerjakan semua pekerjaan rumah, tiba-tiba merasa sangat bosan, rasanya ingin meninggalkan semua yang harus dikerjakan.

Tapi karena itu adalah tugas yang tidak bisa dikerjakan oleh orang lain, mau tak mau Anda bertahan. Akibatnya Anda jadi uring-uringan saat mengerjakannya..

Mengerjakan sesuatu saat kondisi sedang bosan, sangat menyiksa. Harus melakukan sesuatu agar rasa yang menyiksa itu segera bisa dienyahkan.

5 Cara Hilangkan Bosan

1.Terima kenyataan:

Ketika rasa tidak nyaman itu melanda diri Anda, jangan merasa jengkel pada diri sendiri. Apalagi menyalahkan diri sendiri bahwa Anda pemalas dan tidak produktif.

Lebih baik terima dulu kenyataan bahwa ada masanya Anda memang merasa lelah secara mental. Mungkin karena banyak hal yang harus Anda hadapi dalam waktu bersamaan.

Dengan menerima kenyataan, tekanan dalam batin Anda sudah berkurang beberapa persen. Sehingga rasa malas untuk beraktivitas sudah menyusut.

2. Pikirkan hal menyenangkan

Saat Anda masih berbaring dengan tingkat kemalasan tinggi itu, tenangkan diri sambil pikirkan hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan segera.

Anda bisa merancang liburan akhir pekan ke tempat-tempat indah; taman bunga yang super memanjakan mata, wisata alam yang menantang ataupun wisata kuliner yang Anda lihat di IG.

Bisa juga membuat rencana makan siang dengan makan makanan kesukaan Anda; pesan secara online atau bikin sendiri.

Pilihan lain, browsing sesuatu yang sedang Anda inginkan, misalnya: baju, tas, sepatu, perlengkapan make up ataupun tanaman hias yang sedang trend.

3. Dengarkan musik

Musik adalah salah satu obat rasa bosan yang paling cespleng. Cari musik di Youtube dengan kata kunci: musik hilangkan bosan.

Baca juga: Musik Mengubah Stres Jadi Rileks

Anda dengarkan yang sesuai dengan mood Anda saat itu. Karena bisa jadi musik yang selama ini Anda sukai, tidak bisa membuat rasa bosan Anda hilang.

Ketika sudah dapat yang sesuai, dengarkan beberapa saat. Nikmati suara musik sambil mulai bangkit dari tempat tidur.

4. Gerakkan tubuh

Bangun dan lakukan gerakan stretching ringan.

Seperti mengangkat dan menggerakkan tangan ke kiri kanan. Kemudian gerakkan kaki kanan dan kiri Anda dengan santai. Kalau perlu menari sesuka hati Anda.

Yang penting Anda melakukan sesuatu yang membuat tubuh Anda terasa lebih nyaman dan rasa malas beraktivitas pelan-pelan berkurang.

5. Melihat diri sendiri

Coba ingat-ingat apa saja hal-hal baik yang Anda alami selama seminggu terakhir ini. Bahwa Anda bisa menyelesaikan tugas kantor atau rumah tangga tanpa masalah. Bisa mendampingi anak menyelesaikan tugas sekolahnya.

Atau bisa juga Anda sudah membantu teman yang sedang memiliki masalah finansial ataupun masalah dengan pasangannya.

Dengan mengenang hal-hal baik itu, perasaan Anda akan berangsur menjadi baik juga. Rasa bosan yang semula seperti menguasai diri Anda, pelan-pelan akan menyusut. 
Batin Anda kembali merasa nyaman dan siap beraktivitas kembali dengan senang.***BL


Foto ilustrasi: Pexels


#mengatasirasabosan
#caramudahhilangkanbosan
#mengusirrasabosan
#mengusirbosan
#bosan


Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *