HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BEBAS DARI BELENGGU MENTAL BLOCK

CURHAT: Saya mahasiswi  di sebuah perguruan tinggi negeri. Sebentar lagi saya selesai kuliah dan ingin sekali melanjutkan S2  di luar negeri, tapi karena tidak memiliki biaya sendiri, saya ingin bisa mendapatkan beasiswa.

Namun saya tidak memiliki kemampuan yang cukup. Bahasa Inggris saya kurang baik, sehingga saya merasa tidak mungkin bisa mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Padahal dambaan saya sekali bisa kuliah di luar negeri dengan beasiswa. Rasanya sebuah prestasi besar dalam hidup.

Tapi saya takut untuk mencoba, saya takut gagal, saya takut malah menjadi kecewa karena sebetulnya saya tidak cukup mampu untuk bersaing. Hanya keinginan saya saja yang tinggi untuk bisa kuliah di luar negeri.

Saya memang sudah belajar bahasa Inggris dengan berbagai cara, tapi entah mengapa saya merasa kemampuan saya tidak bertambah juga. Saya masih kesulitan untuk menulis teks dalam bahasa Inggis yang benar sesuai tata bahasa. Tapi kalau untuk berbicara atau sekadar berkomunikasi cukup lancar.

Kira-kira apa yang sebaiknya saya lakukan untuk bisa meraih impian saya? Kalau kata teman saya, saat saya bilang saya takut gagal dan takut tidak diterima, saya terlalu kuat mental block nya. Dan kata dia, itu yang akan menghambat kesuksesan saya.

Sebetulnya apa itu mental block dan bagaimana supaya saya bisa keluar dari penghambat kesuksesan saya ini?

Mohon sarannya. Terimakasih.

Ririn K – Padang

SARAN: Setelah membaca masalah Anda, saya menyatakan Anda beruntung memiliki teman yang peduli dengan Anda. Walau sekilas dia sudah menggambarkan masalah Anda yang sesungguhnya.

Benar apa kata teman Anda tersebut, tampaknya Anda terbelenggu dengan mental block. Sebuah kondisi psikologi yang amat membahayakan. Seperti racun ia akan dengan telak mematikan langkah Anda. Kesuksesan yang Anda impikan tertahan sedemikian kuat karena mental block, yang sudah sangat menguasai Anda selama ini.

Dan yang mengerikan, biasanya seseorang tidak menyadari bahwa dia memiliki mental blokc. Yang dia tahu, dia tidak pernah bisa sukses karena tidak memiliki keberutungan. Padahal, kalau saja dia paham, mental block bisa disingkirkan dan jalan kesuksesan pun terbentang luas.

Lalu apa itu mental block?  Mental block adalah perasaan dan sikap negatif yang melekat pada diri seseorang.

Seperti yang Anda rasakan selama ini. Anda merasa tidak mampu untuk bersaing meraih beasiswa yang sangat Anda dambakan. Bagaimana Anda bisa begitu yakin bahwa Anda tidak akan berhasil, kalau itu bukan mental block? Jelas-jelas Anda belum mencoba. Belum tahu bagaimana bentuk testnya dan seberapa berat bagi Anda. Karena melangkah pun Anda belum.

Jadi yang hal penting, langkah awal yang harus Anda lakukan adalah membebaskan diri dari mental block tersebut. Caranya? Pertama Anda harus memiliki konsep positif dulu tentang diri Anda sendiri.

Anda harus meyakinkan diri sendiri bahwa Anda mampu dan bisa. Kalau Anda sudah mencoba mengatakan hal itu dan ada suara-suara kecil dari dalam diri Anda yang membantah: ah mana mampu kamu? Kan bahasa Inggris kamu jelek dan sebagainya.

Itu tantangan bagi Anda untuk melawan. Jawab tantangan itu dengan mempersiapkan semuanya dengan maksimal. Bertempur dengan persiapan yang matang adalah ciri orang cerdas. Sebaliknya, bertempur tanpa persiapan adalah sebuah tindakan konyol.

Anda merasa lemah dalam bahasa Inggris, mulailah memperbaikinya. Manfaatkan sarana dan prasara yang ada untuk meningkatkan kemampuan Anda. Bukankah Anda sudah tidak masalah dalam hal komunikasi. Padahal saat test umumnya selain wawancara juga ada ujian tertulis seperti membuat esai.

Mulailah berlatih setiap hari mengerjakan soal-soal TOEFL (Test of English as a Foreign Language). TOEFL mamang hingga saat ini masih jadi sertifikat Bahasa Inggris yang paling banyak digunakan sebagai syarat untuk masuk mendapatkan beasiswa.

Anda beli buku atau bisa juga download contoh-contoh soal TOEFL. Mulai berlatih untuk mengerjakan. Lakukan secara tekun dan teratur. Sambil Anda terus memantau  di internet beasiswa dari negara mana saja yang dalam waktu dekat membuka kesempatan untuk WNI.

Dengan demikian Anda sudah melakukan hal nyata untuk terbebas dari belenggu mental block yang selama ini mengukung hidup Anda. Karena Anda melakukan langkah yang membuat rasa percaya diri Anda juga bertambah kuat.

Lakukan kontak dengan mereka yang sudah berhasil mendapat beasiswa di negara-negara yang Anda inginkan. Biasanya mereka memiliki channel Youtube yang kontennya antara lain info bagaimana mereka sukses bisa meraih beasiswa.

Semoga dengan melakukan langkah-langkah yang kami sarankan di atas, impian Anda untuk mendapat beasiswa S2 di negara yang Anda tuju dapat terwujud. Semangat!***

Foto:Pexels/Maksim Gonchare

#melepaskandiridarimentalblock

#bebasdarimentalblock

#keluardarimentalblock

#bahayanyamentalblock

#mentalblock

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *