HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

RESOLUSI TAHUN BARU, EMANG PERLU?

 

Dalam hitungan jam, tahun 2021 akan berlalu. Dan kita menyambut tahun yang baru, tahun 2022.

Banyak ragam gaya orang menyambut tahun baru. Ada yang merasa perlu menyambut dengan gegap gempita. Sehingga sebuah pesta pun kudu diadakan.

Tapi ada juga yang menyambut tahun baru dengan penuh haru, karena merasa berhasil meninggalkan segala prahara. Siap menyambut harapan baru.

Dan yang tak kalah seru, banyak orang yang menyambut tahun baru dengan sebuah resolusi.

Sebetulnya seberapa perlu sih resolusi tahun baru? Ini dia bahasannya.

Apa itu Resolusi?

Resolusi itu memiliki arti pernyataan atau keputusan. Jadi jika seseorang mengucapkan resolusi itu artinya ia mengucapkan sebuah janji.

Sementara resolusi tahun baru adalah tradisi umum yang awalnya  berlaku di dunia Barat. Namun kini sudah meluas hingga ke seluruh dunia.

Resolusi tahun baru yang diungkapkan seseorang, adalah sebuah bentuk janji untuk diri sendiri. Janji melakukan tindakan perbaikan diri yang akan dimulai pada saat tahun baru.

Ada yang membuat resolusi untuk lebih rajin bekerja, akan menjalani diet, menghindari makan makanan manis, diet ngemil, hingga resolusi untuk lebih banyak menabung.

Ada juga yang membuat resolusi untuk mengurangi ngegosip, mengurangi belanja barang-barang diskon di swalayan. Karena kenyataannya belanja barang diskonan bukan menghemat, tapi malah mubazir. Karena sampai akhir tahun belum juga terpakai.

Apapun resolusi yang diungkapkan, tentu tetap berguna untuk menata langkah selanjutnya.

Manfaat resolusi

Lalu apa manfaat resolusi sehingga banyak orang yang merasa perlu untuk mengucapkannya saat tahun baru?

Resolusi seperti diungkapkan oleh para pakar psikologi, diperlukan untuk membantu seseorang menentukan arah atau tujuan yang hendak mereka gapai.

Dengan tegas para pakar memberi catatan: yang membedakan antara manusia dan mahluk hidup lainnya adalah: mahluk lain bereaksi berdasarkan naluri. Sedangkan manusia mengambil tindakan harus berdasarkan perencanaan dan resolusinya.

Seperti sebuah acara yang harus ada rundown-nya, agar bisa terselenggara dengan baik dan teratur. Tanpa adanya rundown, acara sesedehana apapun akan menjadi kacau balau, karena tidak ada petunjuk acara dari menit ke menit.

Begitu juga seperti sebuah tulisan, tanpa adanya outline, maka menjadi tulisan yang tidak jelas apa maunya. Namun ketika ada outline, sebuah tulisan akan terasa lebih efektif dan jelas tujuannya.

Begitu juga kehidupan. Meski tanpa resolusi apa pun, kehidupan kita akan terus berlangsung.

Namun, bagaikan seseorang jalan ke sebuah lokasi yang belum dia kenal, tanpa memegang peta ataupun petunjuk sama sekali, maka kemungkinan akan tersesat lebih besar dan sampainya akan lebih lama, dan menghabislan banyak energi yang tidak perlu.

Intinya, resolusi akan sangat membantu kita untuk menentukan jalan mana yang akan kita lalui, setidaknya untuk satu tahun mendatang. Dan kemungkinan risiko-risiko yang harus dihadapi.

Cara membuat & melaksanakan

Karena resolusi adalah rencana tujuan yang akan dicapai, maka seseorang dituntut untuk berusaha lebih keras, agar bisa mencapai resolusi itu. Karena resolusi perlu komitmen tinggi untuk bisa memenuhinya.

Kalau begitu, bikin resolusi yang ringan-ringan saja, supaya tidak harus terlalu keras untuk mencapainya? Boleh-boleh saja.

Karena semua tergantung rencana hidup masing-masing. Ketika ia sudah merasa cukup dengan pencapaiannya, dia tidak harus terlalu keras pada langkah selanjutnya. Namun untuk orang yang masih merasa sangat jauh dari target pencapaiannya, tentu merasa perlu untuk mematok target yang sesuai dengan keinginannya.

Memang tak sedikit orang yang di tengah jalan lupa resolusinya sendiri. Atau ada juga yang menyerah di tengah jalan.

Karena memang untuk bisa menjalankan resolusi, sekali lagi: perlu komitmen. Jadi bukan sekadar membuat daftar rencana di awal tahun. Tapi harus ada aksi yang dijalankan.

Apapun resolusi yang Anda tetapkan, yang pasti akan sangat berbangga hati bila di akhir tahun depan, resolusi berhasil dijalankan.

Bukan hanya karena apa yang Anda inginkan tercapai, tapi yang lebih penting: Anda berhasil menaklukkan diri sendiri.

Adalah berat menaklukkan seseorang ataupun sekelompok orang, tapi lebih berat lagi menaklukkan diri sendiri!

Jadi, apa resolusi Anda tahun 2022 ini?

Selamat menyambut tahun baru!*** MH

 

Foto ilustrasi: Unsplash

#resolusitahunbaru

#manfaatresolusi

#gunanyaresolusi

#tetapkanresolusi

#tahunbaru

#resolusi

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *