HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

KOSMETIK KADALUARSA JANGAN DIBUANG

 


Saat sedang beberes, Anda iseng memperhatikan kosmetik koleksi di meja rias. Wah, ternyata kok ada bedak yang sudah lewat tanggal kadaluarsanya, padahal rasanya belum lama belinya dan masih banyak isinya.

Jadi bimbang, mau dibuang sayang (karena kebetulan harganya juga lumayan mahal), tapi mau terus dipakai juga takut 

Jadi, apa yang perlu dilakukan saat bedak, pelembab, foundation, lipstik, maskara  ataupun blush on dan lainnya, masa pakainya sudah lewat?

Jangan dulu dibuang sebelum selesai baca artikel ini.

Tetap teliti

Seperti juga saat membeli produk makanan, sebaiknya cek tanggal kadaluarsa produk kosmetik. Karena, meski tidak dikonsumsi kosmetik melekat di kulit. Untuk kulit sensitif, produk kosmetik yang sudah melewati batas pemakaian aman, bisa jadi berefek negatif.

Misalnya, bedak yang memiliki masa pakai sampai kadaluarsa cukup lama yakni sekitar 2 tahun. Setelah lewat dari masa pemakaian, umumnya sudah tidak efektif lagi digunakan.

Efek yang ditimbulkan bila bedak tersebut tetap digunakan antara lain kulit wajah menjadi gatal, iritasi, alergi seperti muncul bercak merah dan yang cukup mengganggu adalah jerawat.

Bila dipakai berkepnajangan, menurut dokter kulit, bisa berakibat kanker kulit. Jadi, teliti sebelum membeli adalah pencegahan yang paling baik.

 

Kalau terlanjur digunakan

Lalu bagaimana kalau ternyata kosmetik tersebut telanjur digunakan padahal sudah kadaluarsa?

Umumnya karena produk kosmetik tersebut secara fisik masih terlihat baik, sehingga Anda tidak curiga bahwa masa berlakunya sudah lewat. Mungkin secara tidak langsung ada efeknya juga, yang tidak begitu Anda sadari. Antara lain kualitasnya sudah menurun.  

Seperti maskara bila sudah lewat masa aman penggunaannya, produknya sudah mengering. Sehingga tidak efektif lagi untuk digunakan.

Sedangkan bila lipstk yang sudah keras, teksturnya sudah meleleh dan kalaupun utuh sudah mudah rapuh, itulah cirinya sudah tidak layak digunakan lagi. Sementara untuk lipstik cair, sebaiknya jangan digunakan lagi bila warnanya sudah berubah dan berbau yang kurang sedap.

Dialihfungsikan

Kosmetik yang sudah lewat masa penggunannnya, memang tidak dianjurkan untuk digunakan. Tapi jangan dibuang dulu.

Karena meski suah kadaluarsa, bukan berarti tidak bisa dimanfaatkan lagi. Misalnya lipstik yang sudah mengeras bisa dimanfaatkan untuk kegiatan menjahit, yakni sebagai penanda di kain. Bisa juga digunakan sebagai pengganti spidol untuk menulis di cermin, tembok dan sebagainya.

Bagaimana dengan eye shadow yang sudah lewat masa pakainya? Tetap bisa digunakan untuk mempercantik diri, yakni digunakan sebagai kuteks. Caranya dengan mencampur kuteks bening dengan eye shadow yang berwarna-warni itu. Maka kuteks dengan warna baru pun bisa digunakan.

Sedangkan bedak  tabur yang sudah kadaluarsa bisa dijadikan bahan untuk kerajinan tangan. Dicampur dengan alkohol maka bisa digunakan seperti tinta dan digunakan untuk menghias beragam kerajinan tangan.

Dengan sedikit kreatifitas produk kosmetik yang sudah tidak layak pakai, masih bisa diambil manfaatnya. Selamat mencoba.***. MS

 

Foto:Unsplash/Jazim Quaynor

#kosmetikkadaluarsa

#manfaatkosmetikkadaluarsa

#kosmetik

#kadaluarsa

#jangandibuang

#manfaatlainkosmetik

 

 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *