HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

BEDA HARI IBU INDONESIA DENGAN MOTHER'S DAY

 

Setiap tanggal 22 Desember kita memperingati Hari Ibu.Ternyata sejarah Hari Ibu di Indonesia berbeda dengan Mother's Day di luar negeri, yang umumnya disambut secara meriah. 

Hari Ibu Indonesia

Awalnya Hari Ibu diperingati di Indonesia adalah sebagai mengenang momentum tanggal 22 Desember 1928, kala itu pertama kali digelar Kongres Perempuan Indonesia.

Baru sepuluh tahun kemudian, yakni pada Kongres Perempuan III pada tahun 1938, gagasan peringatan Hari Ibu muncul. Tujuan peringatan ini adalah untuk memperjuangkan kemerdekaan dan memperbaiki keadaan perempuan Indonesia.

Kongres Perempuan tahun 1938 itu tidak hanya memproklamirkan Hari Ibu tapi juga mengangkat isu tentang kesehatan untuk ibu dan balita hingga kampanye menghentikan pernikahan dini juga perdagangan anak dan perempuan, yang kala itu masih amat  tinggi terjadi. 

Mother's Day Amerika

Perayaan Hari Ibu di Amerika atau biasa disebut dengan Mother's Day berawal pada tahun 1850. Awalnya dicetuskan sebagai ungkapan berkabung bagi para perempuan yang ditinggal oleh suaminya yang terlibat dalam Perang Dunia.

Meski sejarah Hari Ibu Indonesia dan negara lain berbeda, namun merayakan Hari Ibu adalah bentuk cinta kita pada Bunda tercinta. (Foto: Unsplash)
Pada tahun 1850 seorang aktivis perempuan di Amerika bernama Anna Jarvis dengan organisasinya yang bernama Ann Revers Jarvis (mengambil nama Ibu dari Anna Jarvis), menggelar acara Mother's Day di klub kerjanya

Organisasi itu sendiri berperan penting dalam merawat tentara saat perang saudara di Amerika pada tahun 1861-1865. Juga melakukan upaya untuk menekan angka kematian bayi dan melawan penyakit.

Mother's Day di Amerika umumnya dirayakan pada minggu kedua bulan Mei. Resminya Mother's Day dimulai pada tahun 1905. Seperti dikutip dari History, Mother's Day dicetuskan oleh Anna Jarvis, saat ibunya meninggal dunia. Hal ini sebagai cara untuk menghormati pengorbanan ibu untuk anak-anak mereka.

Perayaan pertama Mother's Day secara resmi di Amerika diselenggarakan pada bulan Mei 1908 di wilayah Virginia Barat.

Baru empat tahun kemudian, tepatnya tahun 1912 banyak negara bagian lain di Amerika yang mulai mengadopsi Mother's Day, dan hari itu ditetapkan sebagai hari libur tahunan.

Dan Mother's Day ditetapkan secara resmi di seluruh Amerika oleh Presiden Woodrow Wilson. Peresmiannya ditandai dengan menandatangani UU yang menetapkan bahwa hari Minggu kedua di bulan Mei sebagai Mother's Day.  

Hari Ibu Mancanegara

Ternyata masing-masing negara memiliki Hari Ibu yang berbeda-beda. Kalau di Indonesia setiap tanggal 22 Desember dan Amerika setiap hari Minggu kedua di bulan Mei, berbeda lagi dengan Perancis.

Perancis menetapkan perayaan Hari Ibu pada hari Minggu keempat pada bulan Mei. Namun dengan catatan khusus, bila bertepatan dengan perayaan Pantekosta, maka perayaan Hari Ibu di negeri itu diundur satu minggu setelah Pantekosta.

Kartu ucapan & hadiah mungil untuk Ibu tercinta umumnya disiapkan oleh anak-anak saat Mothers Day di mancanegara. (Foto: Pexels/Giftpundits.com)
Bagaimana dengan di Polandia? Warga Polandia merayakan Hari Ibu sama di bulan Mei, namun tanggalnya berbeda dengan Amerika dan Perancis, karena sudah ditetapkan yakni setiap tanggal 26 Mei. Perayaan Hari Ibu di Polandia sudah populer sejak Perang Dunia II.

Setiap perayaan Hari Ibu Amerika, Perancis dan Polandia, umumnya anak-anak di sekolah akan sangat antusias menyambutnya. Mereka penuh semangat akan membuat kartu yang kemudian diserahkan ke masing-masing ibu mereka, sebagai ucapan terimakasih seorang anak kepada sang Bunda tercinta.

Mungkin karena latar sejarahnya berbeda, sehingga perayaan Hari Ibu di Indonesia belum seluas dan sepopuler di negara Amerika dan Eropa.

Selamat hari Ibu untuk ibu-ibu Indonesia tercinta.*** MH


Ilustrasi utama: Pixabay

#peringatanhariibu

#hariibunasional

#hariibubukanmother'sday

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *