HEADLINE NEWS

Kategori

Subscribe Here!

Enter your email address. It;s free!

Delivered by FeedBurner

CURHAT DI MEDSOS, PERLU ATAU MALU?



Medsos kini sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dunia. Triliunan orang terhubung melalui media sosial. Tidak ada hambatan lokasi. Tak ada lagi istilah: tinggal di pelosok sulit berkomunikasi apalagi bergaul. 

Di manapun posisi Anda saat ini, di pelosok desa, di tengah hutan ataupun di tengah laut, ketika ada smart phone dan jaringan internet, maka dunia pun ada ' di tangan' Anda. Anda bisa ' berkeliling dunia' melalui jari Anda.

Ada satu fenomena baru yang mengubah budaya kita selama ini, yakni soal menyimpan masalah pribadi, 

Duluuu ketika medsos belum melanda, orang muda yang sedang jatuh cinta atau patah hati, akan berkurung di kamar. Meluapkan kebahagiaan ataupun menangis di diary yang lengkap dengan kunci. Sehingga tak ada orang lain yang bisa mengintip. 

Sekarang, orang senang atau sedih tak lagi perlu disimpan sendiri. Ambil HP tulis di medson, dan... semua teman, kerabat bahkan orang yang baru kenal pun akan mengetahui perasaan yang sedang berkecamuk di hati. Curhat di medsos jadi budaya baru. Karena dlm waktu singkat bertubi-tubi orang menanggapi curhatan. Mulai dari bertanya kenapa, bersimpati, mendoakan, kasih saran yang cespleng. Tapi, gak jarang juga yang... nyinyir.

Lalu, pertanyaan apakah layak curhat di medsos? Kalau duluuu mungkin gak layak. Tapi zaman kan berubah. Sekarang yang dekat jadi terasa jauhhh karena jarang komunikasi. Tapi yang jauhhh terasa dekattt, soalnya komunikasi lancarrrr carr lewat  WA, VC. Jadi karena ingin masalah segera terselesaikan, beban batin ingin segera terangkat, berbagi di medsos pun jadi pilihan. 

Tapi mungkin masih ada yang perlu diingat juga, bahwa ada hal-hal yang tidak perlu dishare ke teman atau saudara online kita. Yaitu yang berkait dengan aib kita atau keluarga. Karena,  Tuhan pun menutup aib kita, masa kita  malah mengumbar aib sendiri?  M-KLS

Foto: Pixabay





 

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *